Kabar Alumni Olimnus – Faris Muda Budiman Mahasiswa Baru ITB Jalur Prestasi

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi saksi lahirnya banyak talenta muda berbakat yang siap mengukir sejarah di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu mahasiswa yang mencuri perhatian adalah Faris Muda Budiman, seorang pemuda asal Jambi yang menorehkan serangkaian prestasi gemilang di bidang biologi. Kisah inspiratif Faris adalah bukti nyata bahwa kerja keras dan dedikasi dapat membawa seseorang melangkah jauh menggapai impian.

Faris Muda Budiman lahir dan besar di Kota Jambi. Ia mengawali pendidikannya di SDN 47 Kota Jambi dari tahun 2013 hingga 2018. Sejak kecil, Faris telah menunjukkan minat yang mendalam terhadap ilmu pengetahuan, terutama biologi. Minat ini semakin berkembang saat ia melanjutkan pendidikannya di SMPN 7 Kota Jambi. Pada masa SMP inilah Faris mulai meraih berbagai penghargaan di bidang akademik, mengawali perjalanan prestasinya yang cemerlang.

Perjalanan akademik Faris semakin bersinar ketika ia masuk ke SMAN 1 Kota Jambi, jurusan MIPA, pada tahun 2021. Selama di SMA, Faris tak henti-hentinya mengikuti berbagai kompetisi biologi, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Salah satu pencapaian pentingnya adalah meraih Juara 2 Olimpiade Sains Nasional (OSN) Biologi tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemendikbud. Prestasi ini membuka jalan bagi Faris untuk terus berkompetisi dan mengasah kemampuannya.

Tak hanya itu, Faris juga berhasil meraih Medali Emas dalam ESC tingkat Nasional (Olimnus) dan Juara Harapan III di Olimpiade Biologi tingkat Nasional (NPMJ Primagama X Zenius dan Danamon). Deretan penghargaan ini semakin menegaskan posisinya sebagai salah satu siswa berprestasi di bidang biologi.

Tahun 2024 menjadi titik balik penting dalam kehidupan Faris. Setelah lulus dari SMAN 1 Kota Jambi, ia diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB), tepatnya di Sekolah Ilmu Teknologi Hayati – Program Sains (SITH-S). Masuk ke ITB adalah impian banyak siswa di Indonesia, dan Faris berhasil mewujudkannya berkat kerja keras dan dedikasinya.

Faris tak hanya berprestasi di bidang akademik, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak anak muda. Selama perjalanannya, ia menunjukkan bahwa ketekunan dan semangat belajar yang tinggi adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Beberapa prestasi lain yang diraih Faris antara lain:

Juara 1 Olimpiade Biologi tingkat Provinsi (FKIP Biologi Universitas Jambi)
Juara 2 Olimpiade Biologi tingkat Provinsi (UIN Jambi)
Juara 1 Olimpiade Biologi PIX-One (Pekan Ilmiah Xaverius 1) tingkat Provinsi
Juara 3 Olimpiade Biologi tingkat Provinsi (FST Biologi Universitas Jambi)
Juara 2 Olimpiade Biologi tingkat Provinsi (JSB 2023 Nurul Ilmi Jambi)
Juara 1 Olimpiade Biologi tingkat Provinsi (JSB 2024 Nurul Ilmi Jambi)
Absolute Winner Olimpiade Biologi tingkat Nasional (National Outstanding Student e-Competition)

Dengan sederet prestasi yang telah diraihnya, Faris Muda Budiman siap menatap masa depan dengan penuh optimisme. Ia bercita-cita untuk terus berkontribusi dalam bidang biologi, baik melalui penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Faris berharap dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk tidak pernah berhenti belajar dan mengejar impian.

Perjalanan Faris Muda Budiman adalah bukti bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan semangat yang tinggi, seseorang dapat meraih impian dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Semoga cerita inspiratif Faris ini dapat memotivasi banyak anak muda di Indonesia untuk terus berjuang meraih cita-cita dan membawa perubahan bagi negeri.

Faris juga berpesan untuk sesama, ada nya kompetisi secara online dan program kurasi puspresnas wajib dimanfaatkan memperbanyak portofolio kompetisi. Dimana berprestasi di masa sekarang semakin mudah, tidak terhalang oleh jarak dan waktu.

Penulis: Yuda Safrilana

Bagikan

Scroll to Top