Sosok di Balik Viral Bocah SD Pengajar Kalkulus di UNCEN

Siapa sangka, di balik viralnya kisah bocah SD yang menjadi dosen muda di Universitas Cendrawasih (UNCEN), terdapat sosok inspiratif  Prof. Yohanes Surya. Beliaulah arsitek di balik kesuksesan luar biasa para siswa didiknya, mengantarkan mereka meraih prestasi gemilang di kancah internasional.

Prof. Yohanes Surya, lahir di Jakarta pada 6 November 1963, seorang fisikawan dan matematikawan ternama di Indonesia. Semangatnya mengabdikan diri untuk pendidikan sains dan matematika di tanah air patut diacungi jempol. Beliau mendedikasikan hidupnya untuk membimbing dan mengantarkan generasi muda Indonesia meraih mimpi mereka di bidang sains.

Perjalanan Prof. Yohanes Surya dalam dunia sains dimulai saat menempuh pendidikan sarjana fisika di Universitas Indonesia. Beliau kemudian melanjutkan studi pascasarjana dan doktoralnya di College of William and Mary, Amerika Serikat, dengan predikat cum laude. Karirnya yang cemerlang di Amerika Serikat tak membuatnya melupakan tanah air. Prof. Yohanes memilih kembali ke Indonesia untuk mengabdikan ilmunya dan berkontribusi bagi kemajuan pendidikan sains di Indonesia.

Dedikasi Prof. Yohanes Surya terlihat jelas dalam perannya sebagai pelatih dan pemimpin tim olimpiade fisika (TOFI). Di bawah bimbingannya, para siswa didiknya berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu di berbagai kompetisi internasional. Prestasi puncaknya pada tahun 2006, di mana salah satu siswa binaannya meraih predikat Absolute Winner dalam International Physics Olympiad (Ipho) XXXVII di Singapura.

Prof. Yohanes Surya juga dikenal sebagai pencetus metode belajar Gampang, Asik, Menyenangkan (GASING). Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap sains dan matematika. Beliau juga aktif menulis buku fisika dan matematika untuk siswa, kalangan umum, dan guru. Tak hanya itu, beliau pun rajin menerbitkan ratusan artikel fisika dan jurnal ilmiah dalam skala nasional dan internasional.

Kisah Prof. Yohanes Surya merupakan bukti nyata bahwa dedikasi, kerja keras, dan semangat pantang menyerah dapat mengantarkan seseorang meraih kesuksesan dan memberikan manfaat bagi orang lain. Beliau adalah teladan bagi para pengajar dan generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan membawa kemajuan bagi bangsa.

Penulis: Yuda Safrilana

Bagikan

Scroll to Top